Selasa, 26 Maret 2013

Cara Merawat Merpati Tinggian Kolongan






Perawatan Merpati Tinggian Kolongan Dengan Baik dan Benar

Merpati tinggian kolongan memerlukan perwatan yang exstra dibanding merpati lainnya. Karena merpati kolongan harus punya kondisi yang fit dan stamina yang sangat bagus. untuk itu diperlukan pakan dan asupan gizi yang bagus. berikan pakan yang bagus. berikan asupan gizi yang tidak mengandung bahan kimia. dikarenakan bahan kimia cuma sesaat efek kedepannya kurang bagus untuk merpati. kasih yang alami.

Komposisi Pakan dan Gizi
Campuran untuk pakan jagung merah madura  (yang butirannya kecil tidak terlalu besar) dicampur beras merah. Untuk takaran 1kg jagung dicampur 1/2kg beras merah. Exstra pakan dikasi kacang hijau 3 hari sekali, kacang tanah 3butir diberikan 2 hari sekali.

Cara pemberian pakan
Sebelum dikasi pakan merpati setelah keluar dari kandang (gupon) dibiarkan dulu 10menit biar buang kotoran dulu. Setelah itu dimandikan (air untuk mandi lebih bagus dicampur dengan daun sirih hijau) trus dijemur selama 1 - 2jam atau sampai kering  (catatan untuk tempat penjemuran diusahakan agak besar biar untuk ngaplak). Untuk stamina kasi gula jawa yg dibuat butiran butiran sebesar jagung (2 atau 3 butiran gula jawa) dan daun pepaya, gula jawa berguna untuk stamina, daun pepaya agar tidak  mudah kena penyakit. setelah itu kasih pakan jagung dan campuran beras merah secukupnya. masukan kandang tutup pintu kandang.

Merpati kemudian dikeluarkan dari kandang sekitar jam 3 sore. selanjutnya merpati ditaruh tempat umbaran 1jam. sebelum dikasi pakan berikan 2-3 butir gula jawa dan daun pepaya. Untuk tambahan setiap 5hari sekali dikasi Kunir dan Kencur untuk penghangat badan. Lakukan secara rutin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...